3. Adaptasi Tingkah Laku (adaptasi behavioral)


Adaptasi Tingkah Laku adalah cara penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku. Macam-macam adaptasi tingkah laku pada hewan yaitu :



A. Cicak melakukan autotomi yaitu memutuskan ekornya untuk mengelabuhi musuhnya.

B. Mamalia yang hidup di air laut, misalnya lumba-lumba dan paus sering muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen di udara, karena alat pernapasannya berupa paru-paru yang tidak dapat mengikat oksigen yang terlarut dalam air. contohnya seperti gambar di bawah ini.




C. Hibernasi, yaitu tidur panjang pada musim dingin. Biasa dilakukan oleh beberapa hewan misalnya tikus, landak, beruang hitam dan lain-lain


D. Estivasi yaitu tidur panjang pada musim kemarau supaya dapat bertahan hidup di daerah gurun. Biasa dilakukan oleh beberapa hewan misalnya: kadal, katak, keong, dan lain-lain.

E. Rayap merupakan hewan yang menghancurkan kayu. Rayap dapat menghancurkan kayu karena di dalam usus rayap terdapat hewan Protozoa, yaitu Flagellata yang menghasilkan enzim selulase yang dapat membantu rayap mencerna kayu. Secara periodik kulit rayap akan mengelupas, pada saat mengelupas, usus bagian belakang yang ada Flagellatanya ikut terkelupas. Untuk mendapatkan Flagellatanya kembali maka rayap memakan kembali kulitnya yang mengelupas. contohnya seperti gambar di bawah ini.




F. Bunglon mengelabuhi musuhnya dengan mengubah warna kulitnya. Perubahan warna kulit bunglon sesuai dengan lingkungannya. Peristiwa ini dinamakan Mimikri.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Halo guys.. Selamat datang di blog saya.