Pages

2. Cara Perkembangbiakan




Perkembangbiakan makhluk hidup dapat dikelompok dua, yaitu perkembangbiakan vegetatif (reproduksi aseksual) dan perkembangbiakan generatif (reproduksi seksual).


A. Perkembangbiakan vegetatif

Perkembangbiakan yang tidak diawali adanya pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina, disebut perkembangbiakan vegetatif (reproduksi aseksual). Jumlah induk yang terlibat dalam perkembangbiakan vegetatif hanya satu. Oleh karena itu, individu baru yang dihasilkannya mempunyai sifat yang sama dengan sifat induknya. Contoh , Umbi Lapis pada bawang merah, dan membelah diri pada amoeba.

B. Perkembangbiakan secara generatif

Perkembangbiakan secara generatif atau disebut juga perkembangbiakan secara kawin adalah peristiwa terbentuknya individu baru yang di dahului oleh pembuahan (fertilisasi). Pembuahan adalah peleburan antara sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Hasil dari peleburan tersebut berupa zigot. Organisme yang berkembangbiak secara kawin (generatif) meliputi berbagai jenis vertebrata (ikan, katak, reptil, burung dan mamalia) dan avertebrata, seperti cacing tanah, lebah, rayap, udang, dan sebagainya.

Selain berkembang biak secara generatif atau vegetatif saja, ada sebagian makhluk hidup berkembang biak secara keduanya. Perkembangbiakan dengan cara generatif dan vegetatif amat jarang terjadi pada hewan. Namun, pada beberapa jenis tumbuhan dapat terjadi dengan kedua cara tersebut, misalnya lumut dan tumbuhan hijau. Contoh makhluk hidup yang dapat melakukan perkembangbiakan dengan cara generatif dan vegetative yaitu Lumut dan tumbuhan paku secara generatif dengan membentuk sperma dan ovum, secara vegetatif dengan membentuk spora.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Halo guys.. Selamat datang di blog saya.