Pages

1. Adaptasi Morfologi


       Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh atau alat-alat tubuh organisme terhadap lingkungannya. Kita dengan mudah dapat mengamati adaptasi morfologi karena perubahan yang terjadi merupakan perubahan bentuk luar. Contoh adaptasi morfologi adalah sebagai berikut.

A. Adaptasi Morfologi pada paruh dan kaki burung
   
    Bentuk paruh dan kaki pada burung beranekaragam disesuaikan dengan jenis makanan dan cara memperoleh makanan tersebut. Burung pemakan biji mempunyai bentuk paruh berbeda dengan burung pemakan daging atau burung pemakan serangga. demikian pula kaki burung elang berbeda dengan kaki bebek karena cara memperoleh makanannya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

 
ket :

Paruh burung elang, bentuknya runcing, agak panjang dengan ujung agak membengkok sesuai dengan jenis makanannya yang berupa daging. Kaki pada burung elang, ukurannya pendek, cakar sangat kuat untuk mencengkeram mangsa atau daging.


B. Adaptasi morfologi pada mulut serangga
    Bentuk mulut serangga bermacam - macam disesuaikan dengan cara mengambil makanannya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

   ket : 
   Tipe mulut penghisap, mempunyai alat penghisap seperti belalai yang panjang dan dapat digulung sehingga dapat menghisap madu yang terdapat jauh di dasar bunga, misalnya kupu - kupu. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Halo guys.. Selamat datang di blog saya.